,

109 KPM Desa Trijaya Tersenyum, Pemdes Cairkan BLT-DD Tiga Bulan Pertama

oleh -547 views
Pemdes Trijaya Kecamatan Nasal cairkan BLT-DD triwulan pertama tahun 2022 di balai desa.(foto :Darius)

KAUR || LINTAS NUSANTARA.ID – Salah satu langkah pemerintah menangani dampak pandemi Covid-19 yakni dengan menyalurkan Bantuan Lagsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang diploting 40 persen dari pagu anggaran yang diterima desa tahun 2022.

Pemerintah Desa (Pemdes) Triaya Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur salurkan BLT-DD triwulan pertama tahun 2022. Pencairan bantuan uang tunai senilai Rp 300 ribu perbulan ini diterima langsung 109 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Kepala Desa (Perkades).

Sebelum ditetapkan, Pemdes bersama team verifikasi da validasi mendata nama calon penerima manfaat bantuan. Setelah itu, digelar Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) dan ditetapkan melalui Perkades.

Dalam pencairan BLT-DD ini, Pemdes merujuk instruksi pemerintah dalam rangka percepatan program vaksinasi. Penerima agar menunjukkan bukti vaksin saat penerimaan BLT-DD. Dengan demikian, semua KPM sudah tervaksin sesua dosis yang dianjurkan.

Namun, bagi KPM yang tidak dapat diberikan vaksin, maka menunjukkan surat keterangan dari dokter bahwa benar tidak dapat divaksin dengan alasan medis. Kegiatan ini berjalan lancar dan tertib serta menerapkan protokol kesehatan.

“KPM BLT-DD ditetapkan berdasarkan hasil verifikasi dan validasi team. Kemudian, di Musdessus lalu ditetapkan dengan Perkades. Kebijakan desa yakni agar KPM menunjuka bukti vaksin,” ujar Kades Trijaya, Yosep Arista.

Berdasarkan hasil Musdessu, ditetapkan sebanyak 109 KPM yang menerima BLT-DD, sambung Yosep. Sementara, penyaluran BLT-DD bulan Januari, Februari dan Maret dipusatkan di kantor desa sekaligus dilaksanakan vaksin.

“Masing-masing KPM menerima uang tunai Rp 900 ribu untuk tiga bulan pertama tahun 2022. Mudah-mudahan memberi manfaat dan dapat meringankan beban KPM,” ungkap Yosep Arista.

Sementara itu, ketua BPD Trijaya, Ahmad Saptono yang hadir dalam kegiatan tersebut memberi arahan kepada KPM BLT-DD. Bantuan ini agar dimanfaatkan dengan baik dan jangan disalahgunakan untuk keperluan yang bukan peruntukkannya.

“Tentunya BLT-DD untuk 92 KPM sangat lama di tunggu masyarakat , apalagi saat ini bulan ramdhan, tentunya sangat membantu perekonomian masyarakat di masa pandemi yang sedang kita rasakan saat ini,” katanya.

Hadir dalam penyaluran BLT-DD ini, Kapolsek Muara Nasal AKP Pedi Setiawan, SH, Kapus Nasal, BPD, tokoh masyarakat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pendamping desa serta undangan lainnya.(drs/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *