,

Panen Raya Jagung, Desa Durian Besar Kembangkan Padat Karya Tunai

oleh -1,637 views
oleh
Desa Durian Besar Kecamatan Luas Kabupaten Kaur panen raya jagung pipil Kamis (16/9/2021).(foto: Medi/LN)

KAUR || LINTAS NUSANTARA.ID – Sukses kembangkan program padat karya tunai tanam jagung pipil, Kamis (16/9/2021), Desa Durian Besar Kecamatan Luas Kabupaten Kaur panem raya. Lahan kurang lebih dua hektare disulap menjadi hamparan jagung pipil yang memiliki nilai ekonomis tinggi saat ini.

Panen raya jagung pipil ini dipimpin langsung Kades Durian Besar, Kisminirwan yang juga dihadiri Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat, Bhabinkamtibmas dan warga desa. Panen raya jagung pipil ini diharapkan menjadi percontohan bagi warga untuk mengembangkan budidaya jagung yang memiliki potensi ekonomi tinggi.

Harga jual jagung pipil saat ini sangat menjanjikan. Selain itu, usianya yang relatif singkat memudahkan dalam perawatan dan biaya opersional. Jagung pipil merupakan tanaman palawija yang menjanjikan dan tahan akan cuaca.

“Penanaman jagung pipil ini dibiayai Dana Desa (DD). Hasil panennya sebagian masuk ke kas desa, dan sebagian lagi diperuntukkan kelanjutan program. Kemudian, nantinya akan menjadi penghasilan warga desa,” ujar Kades Durian Besar.

Pengembangan jagung pipil adalah solusi bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Dengan usia singkat, diharapkan dapat menghasilkan tambahan bagi keluarga. Sehingga, mampu menciptakan peluang kerja petani lokal untuk membiayai keluarga sehari-hari.

“Ke depan program padat karya tunai tanam jagung pipil akan terus dikembangkan. Harapan bersama, usaha ini menjadi salah satu solusi peningkatan penghasilan keluarga,” ucap Kades.(med/adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.