Literasi Digital, Kominfo Webinar Sopan dan Beradab Di Media Sosial

oleh -1,098 views
oleh
Literasi Digital Sopan dan Beradab Di Media Sosial.(foto: Kominfo)

LITERASI DIGITAL

KABUPATEN REJANG LEBONG – PROVINSI BENGKULU

Jumat, 3 September 2021, Pukul 14.00 WIB

PRESIDEN Republik Indonesia, Ir Joko.Widodo (Jokowi) memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Empat kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital. Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Bengkulu yaitu, Dr.drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang tema besar “Sopan Dan Beradab Di Media Sosalial” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session di akhir webinar.

Sopan dan Beradab di Media Sosial dalam menggunakan sosial media tentunya kita harus mengetahui aturan-aturan yang harus kita patuhi dan apabila dilanggar bisa jadi kita terkena tindak pidana UU  ITE yang ada.

Ir. Machroni, MM Founder Berita Baru Link menyebutkan konten asusila yang sering kita temukan di dunia maya antara lain cyber harassment (pelecehan seksual), eksploitasi seksual, prostitusi online, cyber bullying dan sebagainya.

Kita harus paham dan peduli apa yang kita tulis dan sebarkan di media sosial itu akan terekam jejak digitalnya oleh karena itu bijak lah memanfaatkannya guna terhindar dari tindak pidana.
Pandemi Covid-19, keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi kehidupan di dunia kerja dan kewarganegaraan di abad ke 21 adalah kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah, kolaborasi dan kepemimpinan, ketangkasan dan kempuan beradaptasi, inisiatif dan berjiwa entrepreneur, mampu berkomunikasi efektif baik secara oral maupun tulisan, mampu mengakses dan menganalisis informasi dan memiliki rasa ingin tahu dan imajinasi serta kecakapan dalam penggunaan aplikasi di dunia digital.

LinceMalini, SP sebagai owner wisata Bukit Batu Rejang Lebong menjelaskan pemanfaatkan teknologi dan media sosial untuk ajang mengenalkan budaya Indonesia seperti objek wisata dan kekayaan alam Indonesia sangat efektif sekali karena dunia digital yang sifatnya general dan dapat di akses siapapun di seluruh dunia jadi sangat bagus di gunakan sebagai media promosi.

Media sosial sebagai alat untuk berkomunikasi, digunakan oleh masyarakat yang masive dimana ada perbedaan karakter dari setiap pengguna. Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial terutama dalam mengekspresikan diri, memberikan komentar, bahasa yang santun serta tetap harus menghargai orang lain.(titi)

Sumber: Rilis Kominfo RI

No More Posts Available.

No more pages to load.