,

Tidak Ada Drainase, Jalan Penghubung Antar Desa Tergenang Air

oleh -1,990 views
oleh
Jalan penghubung Desa Air Baus II menuju Desa Kota Lekat kerap kebanjiran akibat tidak ada drainase.(foto: nadit/LN)

BENGKULU UTARA || LINTAS NUSANTARA.ID – Tidak tersedianya drainase disepanjang jalan penghubung antar desa menyebabkan banjir musiman. Setiap hujan deras mengguyur, ketinggian air yang menggenang dijalan mencapai lutu kaki orang dewasa. Kondisi ini kerap dialami warga Desa Air Baus II menuju Desa Kota Lekat Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara.

Salah seorang warga Desa Air Baus II, Harry (36) mengatakan, setiap hujan deras terjadi genangan air dijalan penghubung antar desa. Hal ini terjadi akibat tidak adanya fasilitas saluran air yakni drainase disepanjang jalan. Akibatnya, genangan air meluap dan meluber masuk ke pekarangan rumah warga.

Mirisnya, akibat genangan air yang cukup tinggi. Pengendara terpaksa menunggu air surut untuk melanjutkan perjalanan. Karena, khawatir akan menimbulkan kerusakan pada mesin saat menerobos genangan air. Parahnya, jalur ini kerap mendapat air kiriman dari desa tetangga yang datarannya lebih tinggi.

“Tidak adanya saluran drainase, menyebabkan kendaraan mogok saat melintas dan air masuk kepemukiman warga desa,” ujar Harry.

Harapan warga, pemerintah daerah ataupun provinsi dapat menganggarkan pembangunan drainase guna mengantisipasi banjir dan luapan air ke pemukiman warga, tutupnya.(nadit/isw)

No More Posts Available.

No more pages to load.