Tersangka HA Blak-Blakan Soal NIPD, Buka Peluang Pelaku Baru Terseret Hukum

oleh -7,365 views
oleh

LINTAS NUSANTARA.ID, KAUR – HA satu tersangka yang ditahan penyidik Tipikor Satreskrim Polres Kaur Polda Bengkulu dalam kasus Pungutan Liar (Pungli) Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) Kaur blak-blakan kepada penyidik. Ia tidak mau menanggung dosa sendirian, kepada penyidik HA blak-blakan terkait pungutan NIPD. Nyanyian HA ini membuka peluag baru bagi penyidik menyeret pelaku lain berurusan dengan hukum.

Dari nyanyian HA, pungutan NIPD bukan hanya dilakukannya sendirian. Bahkan, menurutnya hampir disetiap kecamatan pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) mengkoordinir pungutan tersebut. Ada yang menyetorkan uang hasil pungutan ke dirinya, ada pula yang langsung menyerahkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur.

Nyanyian pengurus PPDI sekaligus perangkat desa di Kecamatan Kaur Tengah ini disampaikannya kepada penyidik saat pemeriksaan beberapa waktu lalu. HA siap membeberkan siapa yang ikut mengkoordinir pungutan NIPD tersebut.

“Bukan hanya saya yang mengumpulkan uang itu. Disetiap kecamatan ada orangnya, ada yang mengantar langsung ada juga yang menyerahkan dengan saya untuk disimpan,” ujar HA dikutip dari laman bengkuluekspres.com.

Ia minta keadilan kepada penegak hukum. Karena bukan hanya dirinya yang menikmati aliran uang pungutan tersebut. Bahkan, menurutnya, uang pungutan ini juga akan dijadikan kas PPDI untuk keperluan jasa kuasa hukum jika nantinya ada perangkat desa yang dipecat semena-mena oleh Kades.

“Nanti akan saya buka semua kepada penyidik tunggu saja dan saya belum menikmati uang ini,” tutupnya usai wawancara bersama awak media.

Sementara itu, Kapolres Kaur Polda Bengkulu, AKBP Dwi Agung Setyono, S. IK, MH mengatakan, penyidik masih menggali kasus Pungli NIPD ini. Sementara ini, baru dua yang sudah ditetapkan tersangka dan dilakukan penahanan di Mapolres oleh penyidik.

“Baru tersangka yang sudah ditahan penyidik. Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru dalam perkara ini,” tegas Kapolres.(amr)

Artikel ini sudah pernah terbit di bengkuluekspres.com dengan judul : “Pungli NIPD, HA Siap Buka-bukaan”
Bengkulu Ekspress Kaur https://bengkuluekspress.com/pungli-nipd-ha-siap-buka-bukaan/

No More Posts Available.

No more pages to load.