Ayo !!! Cegah DBD Dengan 3 M

oleh -1.379 views
Foto Ilustrasi, Sosialisasi Cegah DBD dengan 3 M oleh Pemkab Bengkulu Selatan.(foto: Media Centre BS)

BENGKULU SELATAN || LINTAS NUSANTARA.ID – Ancaman wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya akan mulai meningkat saat pertengahan musim hujan. Hal ini disebabkan oleh semakin bertambahnya tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk. yang disebabkan oleh meningkatnya curah hujan.

Tidak heran jika hampir setiap tahunnya, wabah DBD digolongkan dalam Kejadian Luar Biasa (KLB). DBD merupakan wabah penyakit musiman yang bisa berujung pada kematian.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) melalui gerakan 3M Plus menjadi salah satu langkah yang efektif dalam meminimalkan penyebaran virus yang dibawa melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Apa itu 3 M Plus ?

1. Menguras

Lakukanlah minimal satu kali dalam seminggu kegiatan menguras tempat penampungan air. Tidak hanya menguras, tapi Anda juga harus menyikat dinding tempat-tempat penyimpanan air tersebut. Karena telur nyamuk Aedes Aegypti dapat menempel dengan cukup kuat pada dinding-dinding penampungan air.

2. Menutup

Setelah menguras tempat air, jangan lupa menutup tempat-tempat penyimpanan air di sekitar Anda. Hal ini dapat mencegah nyamuk untuk dapat bertelur disana.

3. Menyingkirkan/Mendaur Ulang

Singkirkan atau daur ulang barang-barang bekas yang kemungkinan dapat menampung sisa-sia air hujan atau genangan air lainnya. Karena genangan-genangan air yang ditampung dalam barang-barang bekas ini, juga dapat menjadi sarana nyamuk Aedes Aegypti untuk bertelur.

Plus cara lain yaitu kegiatan pencegahan DBD, seperti :

1. Menaburkan bubuk larvasida (bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dbersihkan.

2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk.

3. Menggunakan kelambu saat tidur.

4. Menaruh ikan di penampungan air.

5. Menanam tanaman pengusir nyamuk.

Semoga bermanfaat dan dapat menyelamatkan dari ancaman DBD bagi keluarga dan lingkungan masyarakat. Ayo tetap sehat, dengan disiplin menjaga kebersihan.(amr/mc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *