Maling Sawit Kian Marak, Petani Makin Merugi

oleh -49 views
Ilustrasi maling TBS

KAUR ││ LINTAS NUSANTARA.ID – Aksi pencurian Tandan Buah Segar (TBS) kian marak. Bahkan, pencurian TBS ini sudah merebak disemua pelosok daerah. Bukan hanya di Kabupaten Kaur, namun hampir diseluruh wilayah Provinsi Bengkulu. Pelaku menggasak TBS hingga ratusan kilogram. Tidak jarang pula, satu hamparan kebun kelapa sawit habis dibabat pelaku specialist TBS.

“Sulit untuk memberantas pelaku pencurian TBS. Selama ini, banyak pelaku yang tertangkap dan dijerat hukum. Namun, ini tidak memberi efek jera bagi pelaku lain. Baik pepatah mengatakan, Mati Satu Tumbuh Seribu,” ungkap Jon Kenedi (47) warga Kecamatan Kelam Tengah, Senin (18/4/2022).

Ke depan, sambung Jon Kenedi. Diharapkan bukan hanya pelaku pencurian TBS yang disikat habis aparat hukum. Namun, juga harus mengejar para pelaku penadah TBS hasil curian. Jika saja tidak ada penampung maka dipastikan pencurian TBS tidak akan ada lagi. Sebab, hasil curian tidak ada yang mau beli.

Perlu ada strategi khusus mengejar para penampung TBS hasil curian. Hal ini demi memutus rantai aksi pencurian yang terjadi hampir setiap malam. Pelaku menyisir kebun kelapa sawit milik petani pada malam hari. Bahkan, pelaku kerap melancarkan aksi mereka pada dini hari jelang subuh.

“Penadahnya harus menjadi target utama aparat hukum. Dengan demikian diharapkan dapat memutus rantai aksi kejahatan ini. Kerja keras aparat dan masyarakat dalam memberantas mafia TBS harus lebih ditingkatkan lagi,” paparnya.(amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *