Mengenal Peraih Mendali Perunggu Event ONLI POSI 2021 Tingkat Nasional Mengukir Prestasi Dimasa Pandemi Covi-19 Bukanlah Mimpi

oleh -4.770 views
Salsa
Salsabilah Nur Salwa

SALSABILAH NUR SALWA siswa kelas V SDN 15 Kaur Desa Padang Leban Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur membuktikan bahwa meraih prestasi dimasa pandemi Covid-19 bukanlah mimpi. Salsabilah Nur Salwa lahir pada tanggal 12 Mei 2009 anak bungsu dari tiga bersuadara pasangan Efri Darumis dan ibu Salimah Desa Padang Leban Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur berhasil mengukir prestasi tingkat nasional dalam event Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI) Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) tahun 2021 di Medan Sumatera Utara (Sumut). Berikut laporannya.

 

YUSMAN – Lintas Nusantara,Id Kaur

SETAHUN sudah pandemi Covid-19 melanda negeri ini. Hampir semua lini kehidupan masyarakat ambruk tak berdaya. Bahkan, dunia pendidikan pun ikut terkena imbasnya. Dengan penerapan belajar jarak jauh atau lebih dikenal Daring ini, bagi sebagian pelajar tidaklah menjadi penghalang untuk mengukir prestasi gemilang dilevel nasional.


Salsabilah Nur Salwa kelas V SDN 15 Kaur membuktikan diri mampu meraih prestasi gemilang dilevel nasional. Prestasi di sekolah selama ini, menjadikan dirinya terpilih dan dipercaya membawa nama baik sekolah dan daerah diajang ONLI POSI tahun 2021 di Medan pada tanggal 7 Februari 2021 lalu.

Salsabilah Nur Salwa meraih mendali Perunggu dalam event bergengsi ini. Mengalahkan pelajar asal provinsi lain yang jauh lebih siap dan memiliki dukungan penuh dari pemerintah daerah. Event olimpiade bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diikuti Salsabilah Nur Salwa mampu dilalui dengan baik. Dengan ketekunannya, ia mampu meraih nilai membanggakan yang diberikan dewan juri dengan predikat B+.

Pandemi Covid-19 bukanlah penghalang untuk belajar dan mengukir prestasi ditingkat nasional. Bukan hanya membanggakan keluarga, namun prestasinya membawa nama baik Kabupaten Kaur dan Provinsi Bengkulu dilevel nasional. Putri bungsu yang memiliki hobi membaca dan mengenal alam ini selalu menghabiskan waktu dirumah. Tidak seperti anak seusianya, lebih banyak membuka buka pelajaran dan sangat menggemari sains.

Sejak belajar di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Salsabilah Nur Salwa memiliki prestasi menonjol. Hingga masuk di SDN 15 Kaur, selalu meraih juara pertama. Prestasinya ini mengikuti jejak sang kakak yang selalu tampil diajang olimpiade pelajar baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

“Kami bangga dengan Salsabilah Nur Salwa, bukan hanya dikenal murid rajin dan tidak banyak ulah, ia mampu mendongkrak nama baik SDN 15 Kaur,” ujar kepala SDN 15 Kaur, Minter Hapeson, S. Pd, Selasa (16/2/2021).

Senada dengan kepala sekolah, Pjs Kades Padang Leban, Feri Aryanto, SP sangat bangga memiliki generasi yang handal dan banyak menciptakan prestasi akademik. Jika saja, teman-temannya mampu mensejajarkan prestasi seperti ini maka dipastikan dalam beberapa dekade ke depan Desa Padang Leban akan banyak melahirkan generasi bangsa yang berkualitas dan memiliki segudang prestasi.

“Anak ini pintar, sama dengan kedua kakaknya yang kerap menorehkan prestasi akademik. Dalam keseharian, lebih banyak menghabiskan waktu membaca buku dan mengenal dunia sains,” ungkap Feri Aryanto.

Kabupaten Kaur harusnya bangga memiliki generasi yang kuat, hebat, berprestasi dalam pendidikannnya. Namun, sayang belum ada perhatian serius pemerintah untuk memberi penghargaan khusus kepada pelajar yang sangat berprestasi. Padahal, perjuangan mereka bukan hanya untuk kebanggaan orang tua dan dirinya. Melainkan, mengharumkan nama baik daerah dan mensejajarkan kualitas pendidikan dengan daerah lain yang lebih maju.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *