Sehari Dibagikan, NIPD Kena OTT, Ratusan Juta Ikut Diamankan Polisi

oleh -5.486 views

LINTAS NUSANTARA.ID, KAUR – Polres Kaur Polda Bengkulu dikabarkan mennggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) Pungutan Liar (Pungli) Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD), Rabu (24/2/2021) malam. Tim gabungan Polres Kaur berhasil mengamankan praktek Pungli terhadap para perangkat desa.

Dari OTT tersebut, polisi mengamankan saksi berinisial Hn salah seorang oknum perangkat desa bersama sejumlah uang tunai dengan nilai Rp 200 juta lebih. OTT yang dilakukan polisi hanya berselang beberapa jam setelah penyerahan NIPD oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur, Rabu (24/2/2021) di Kantor Camat Tanjung Kemuning pukul 10.00 WIB.

Polisi sebelumnya mencium aroma Pungli di pembagian NIPD kepada lebih dari 1.500 perangkat desa se-Kabupaten Kaur yang tersebar di 192 desa dari 15 kecamatan. Dari pengembangan informasi tersebut, akhirnya tim gabungan Polres mendapati kabar pengumpulan uang disalah satu rumah oknum perangkat desa diwilayah Kecamatan Kelam Tengah.

Gerak cepat tim gabungan ini membuahkan hasil dengan mengamankan barang bukti dan saksi. Usai di OTT, saksi dan barang bukti diboyong ke Mapolres Kaur guna pemeriksaan lebih lanjut.

Kabar beredar, Pungli terhadap perangkat desa ini dengan modus mengumpulkan uang guna mengurus NIPD di pusat. Nilai Pungli untuk masing-masing perangkat desa berbariatif antara Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta. Jika dirunut jumlah perangkat desa di Kabupaten Kaur, maka potensi Pungli mencapai miliaran rupiah.

Salah seorang perangkat desa di Kecamatan Tanjung Kemuning yang meminta agar identitasnya tidak ditulis oleh media Lintas Nusatara.id menyebutkan, bahwa permintaan uang tersebut benar aanya. Namun, ia enggan menyebut siapa yang menginstruksikan pungutan tersebut.

Pemungutan uang dari perangkat dikoordinir oleh Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) dan kemudian disetor ke oknum tertentu dengan alasan guna mengurus percepatan NIPD.

Sayangnya, media Lintas Nusantara.id belum memperoleh informasi dari instansi terkait, begitu pula konfrensi pers resmi dari Polres Kaur terkait OTT tersebut.

Dari berbagai sumber, diperoleh kabar bahwa OTT terhadap Pungli NIPD benar terjadi dan saat ini masih dalam pengembangan penyidik Polres Kaur. Mengutip dari media warnabengkulu.com, Kamis (25/2/2021), Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, S. IK MH tidak menampik adanya OTT Pungli NIPD tersebut.(007)

Sumber: warnabengkulu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *