Sekilas Catatan Aksi Demo Mahasiswa 11 April 2022 Tolak Presiden Tiga Periode

oleh -358 views
Foto : ilustrasi aksi demo mahasiswa.(sumber: Net)

JAKARTA || LINTAS NUSANTARA.ID – Aksi demonstrasi mahasiswa besar-besaran di Ibu Kota Negara sudah usai, Senin (11/4/2022). Ribuan mahasiswa turun kejalan mengusung isu utama menolak presiden tiga priode. Dicelah aksi tersebut, terselip pula tuntutan mahasiswa mendesak Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) mundur.

Jelang aksi demonstrasi besar-besaran tersebut, situasi keamanan sangat mencekam. Terbayang aksi demonstrasi mahasiswa tahun-tahun sebelumnya yang banyak menelan korban jiwa. Baik dari mahasiswa maupun aparat keamanan yang diturunkan.

Bahkan, hampir disetiap daerah aparat kepolisian disiagakan menghadapi pasca aksi demonstrasi yabg dikhawatirkan meluas hingga kepelosok negeri. Namun, kekhawatiran tersebut tidak terjadi. Semua berjalan mengalir mengikuti alur.

 

Wiranto mantan Panglima ABRI yang kini duduk dikursi jabatan sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang masih dalam masa pemulihan akibat serangan teroris diperutnya pun turun tangan dengan mengundang sejumlah perwakilan mahasiswa untuk berunding.

Begitu pula, pihak istana tidak mau pasrah dengan situasi yang mencekam karena lautan mahasiswa mengepung ibu kota negara. Berbagai upaya dilakukan Presiden Jokowi secara terbuka kepada mahasiswa dengan mengulang komitmennya tidak berniat menjadi presiden tiga periode dan secara tegas tidak ada penundaan pemilu 2024.

Tapi sayang, isu presiden tiga periode, penundaan pemilu menjadi isu pokok atau utama gerakan mahasiswa. Kenapa tidak isu minyak goreng, Solar langka dan pertamax naik secara tiba-tiba tidak menjadi isu utama gerakan aksi mahasiswa turun kejalan.

Gagasan atau wacana presiden tiga periode serta penundaan pemilu serentak 2024 bukanlah gagasan yang dilontarkan langsung oleh Presiden Jokowi maupun partai PDI Perjuangan. Ada segelintir elit politik yang sengaja melontarkan gagasan tersebut sebagai alat mencapai kepentingannya.

Indonesia kuat, masyarakat sehat, ekonomi tumbuh adalah harapan seluruh rakyat pasca badai pandemi Covid-19.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *