Takut Longsor Susulan, Warga Desa Taba Baru Pilih Ngungsi

oleh -136 views
Warga melihat tanah longsor di belakang pemukiman rumah warga.(foto: Iswan/LN)

BENGKULU UTARA || LINTAS NUSANTARA.ID – Longsor beberapa waktu lalu mengancam keselamatan warga Desa Taba Baru Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Longsor mulia mendekati kawasan pemukiman warga yang berada di atas perbukitan. Satu unit rumah nyaris amblas ke dasar jurang akibat tergerus longsor. Beruntung, baru bangian belakang yang tergerus.

Khawatir akan ancaman korban jiwa, warga memilih mengungsi ke lokasi yang lebih aman dari bencana longsor. Seperti yang dilakukan oleh salah seorang warqa setempat, Res (43).

“Ya, sejak beberapa waktu lalu kawasan pemukiman yang berada di atas tebing Desa Taba Baru longsor akibat hujan deras. Khawatir terjadi longsor susulan, warga memilih untuk mengungsi,” ujar Bustamal (51) warga setempat.

Meskipun, belum ada rumah yang terbawa longsor. Namun, sebagian warga mulai cemas jika cuaca terus memburuk. Hujan deras menjadi salah satu faktor terjadinya longsor.

Kewaspadaan adalah kunci dalam mencegah jatuhnya korban jiwa dan kerugian material. Karenanya, perlu ada langkah cepat dan tepat guna mengantisipasi longsor susulan yang dapat menelan korban jiwa.

“Warga berharap pemerintah desa dan daerah dapat bergerak cepat mengantisipasi hal yang tidak diinginkan,” paparnya.(isw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *