Ratusan Warga Kecamatan Malaka Barat Terima BTP-KLWN

oleh -326 views
oleh
Ratusan warga Kecamatan Malaka Barat terima bantuan Program BTP-KLWN Presiden dan TNI.

MALAKA || LINTASNUSANTARA.ID – Ratusan warga Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mendatangi Polsek Resor Malaka Barat guna menerima Bantuan Tunai (BTP-KLWN) tahun 2022 dari presiden dan Panglima TNI yang disalurkan oleh Kodim 1605/Belu melalui Koramil 1605/09 Biudukfoho, Senin 25/04/2022).

Pelaksanaan kegiatan pembagian BT-PKLWN kepada masyarakat penerima mamfaat KPM dengan menerapkan protokol kesehatan, dimulai pada pukul 08.00 WITA hingga selesainya kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif.

Adapun jumlah bantuan yang disalurkan oleh TNI tersebut sebanyak 500 Keluarga Pemerima Mamfaat (KPM). Bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp.600.000 dan program ini dilaksanakan secara bertahap dari pemerintah pusat untuk peningkatan ekonomi masyarakat khusus pedagang kaki lima dan nelayan. Dan pembagian tersebut sekaligus pihak TNI/POLRI berkolaborasi dengan team Vaksinator UPTD Puskesmas Besikama adakan vaksinasi dosis pertama, dosis kedua serta vaksinasi ketiga booster bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin.

Bersamaan dengan kegiatan penyaluran bantuan tunai tersebut, Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kapten. Infanteri Alexander Bessie menyampaikan bahwa pihaknya selain pembagian bantuan tunai, secara bersamaan melaksanakan vaksinasi dosis pertama, dosis kedua serta vaksinasi ketiga booster.

“Pergunakan bantuan ini untuk mengembangkan usaha bapak ibu sekalian agar makin berkembang dan usahanya makin meningkat ekonominya. Mohon maaf jika ada yang tidak dapat, karena penyaluran ini benar tepat sasaran, dan
Mari kita semua melaksanakan vaksin. Mindset kita dalam vaksin adalah kita harus sehat, ini kebutuhan kita juga,” Harapnya.

Dandim 1605 Belu Letkol Inf. Wiji Untoro melalui Danramil 1605-09/biudukfoho, Lettu Inf. Leo Soares, kepada wartawan mengatakan, Selain menyalurkan bantuan kepada masyarakat keluarga penerima mamfaat KPM, Koramil 1605-09/biudukfoho bersinergi dengan Polsek Malaka Barat dan Tenaga Vaksinator dari UPTD Puskesmas Besikama, menggelar vaksinasi Covid-19 di tempat pembagian bantuan BT-PKLWN. Dan Selain mengupayakan warga untuk taat protokol kesehatan (prokes), Semua warga yang akan menerima bantuan harus sudah melengkapi kewajiban vaksin hingga dosis terakhir.

“Masyarakat Kecamatan Malaka Barat yang terdaftar dan memenuhi syarat hadir untuk menerima bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat untuk para pedagang dan nelayan sebesar Rp600.000 melalui TNI. Dan Pembagian berlangsung secara tertib dan teratur, dengan penerapan protokol kesehatan, serta warga penerima bantuan diharuskan sudah tervaksin satu, dua dan tiga. Jika belum melaksanakan vaksinasi, pihak Koramil dan Polsek menyiapkan gerai vaksin di lokasi pembagian BT-PKLWN,”ungkap Danramil Leo.

Lebih lanjut Danramil Leo mengatakan, di luar itu mekanisme selain vaksinasi booster, syarat penerima yaitu pedagang dan nelayan yang bukan dari keluarga PNS, TNI dan Polri.

“Ada beberapa peserta yang tidak terima karena setelah verifikasi data terakhir penerima tersebut berada di dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang keluarganya ada yang berstatus PNS baik yang masih aktif maupun sudah pensiun. Karena Jika penerima di dalam KK tersebut dicek terdapat keluarga yang berstatus PNS, TNI dan Polri, baik masih aktif ataupun pensiun maka peserta tidak berhak menerima bantuan tersebut,”Kata Danramil Leo.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Malaka AKBP Rudy Junus Jacob Ledo ,SH,.S.I.K melalui Kapolsek Malaka Barat, Ipda Ferdinandus H. Manek, menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi atas bantuan pemerintah yang disampaikan oleh TNI dalam Program BTPKLWN.

“Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat, dimana kita ketahui bahwa saat ini semua tahu ekonomi kita dalam keadaan sulit. Kita berharap ini akan terus berkelanjutan,” Kapolsek Manek.

Menyinggung dengan pelaksanaan vaksinasi dosis 2 dan dosis ketiga vaksin booster, Kapolsek Manek mengajak masyarakat untuk turut serta mengikuti vaksinasi kedua dosis dan ketiga.

Ayo vaksin bagi yang belum di vaksin. Mari kita sukseskan program pemerintah ini demi kesehatan dan generasi masa depan anak cucu kita,” ajak Kapolsek.

Hadir pada kegiatan pembagian bantuan BTP-KWN oleh TNI dari Pemerintah Republik Indonesia yang disalurkan, Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kapten. Infanteri Alexander Bessie bersama anggota TNI kodim 1605/belu, Danramil 1605-09/biudukfoho, Lettu Infanteri Leo Soares bersama Babinsa 1605-09/biudukfoho,
Kapolsek Malaka Barat, Ipda Ferdinandus H. Manek bersama Anggota Polsek, Kepala Puskesmas Besikama, Rosina Seuk Bria.(ans)

Laporan : Toni Sanbein

No More Posts Available.

No more pages to load.