Jon Harimol: Cuaca Ekstrim, Warga Diingatkan Tetap Waspada Bencana

oleh -363 views
oleh
Kepala BPBD Kaur, Jon Harimol.

KAUR || LINTAS NUSANTARA.ID – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur, Jon Harimol, M. Si mengingatkan warga agar tetap waspada selama cuaca ekstrim. Waspada akan ancaman bencana alam yang mengintai setiap saat.

Khususnya, warga yang berada dikawasan rawan seperti dikawasan bantaran sungai, pantai dan perbukitan. Cuaca ekstrim menyebabkan terjadinya banjir, gelombang pantai yang tinggi serta tanah longsor.

BPBD menyiapkan team tanggap darurat bencana guna percepatan evakuasi bagi korban bencana. Dukungan kewaspadaan masyarakat merupakan langkah tepat dalam penanganan bencana yang terjadi.

Beberapa pekan terakhir, kondisi cuaca sangat ekstrim. Bahkan, cenderung semakin buruk dan banyak menyebabkan bencana dihampir setiap kawasan. Hujan deras yang terjadi pada Senin (29/8/2022) hingga Selasa (30/8/2022) dini hari menimbulkan dampak buruk.

Banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan bencana lainnya menghantui masyarakat. Penanganan semakin sulit karena banyaknya titik bencana. Sementara, team tanggap darurat tidak sebanding dengan kondisi bencana yang berat dan jauh dari jangkauan.

“Kmi mengingatkan kembali agar masyarakat tetap waspada dan siaga. Selama cuaca ekstrim, harua ekstra hati-hati dan sigap dengan kondisi alam,” ujar Jon Harimol disela pengecekan lokasi banjir dan tanah longsor.

Selain team tanggap darurat bencana dari BPBD, ada team gabungan dari TNI dan Polri yang siap membantu evakuasi dan penanganan bencana. Kolaborasi team ini mempercepat serta mempermudah dalam penanganan bencana alam.

“Team gabungan selalu siap dan cepat merespon segala bentuk bencana alam. BPBD bekerja penuh waktu saat bencana terjadi. Semoga kondisi cuaca cepat normal seperti biasanya sehingga masyarakat lebih tenang,” ungkap Jon Harimol.(tsp/amr)

No More Posts Available.

No more pages to load.