UN Ditiadakan, UAS Wajib Di Ikuti Secara Online

oleh -561 views

LINTAS NUSANTARA.ID, KAUR – Meskipun dipastikan tahun ajaran 2020/2021, Ujian Nasional (UN) bagi siswa kelas XII SMA/SMK ditiadakan, namun pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) tetap wajib diselenggarakan. UAS digelar secara online serentak se-Provinsi Bengkulu. Materi soal dibuat oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

UAS online merupakan salah satu nilai penentu kelulusan bagi siswa kelas XII. UAS akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang. Sebelum itu, siswa akan mengikuti ujian praktek yang dimulai pada Senin (15/2/2021).

Ditahap akhir, siswa SMK akan mengikuti ujian kompetensi jurusan yang dilaksanakan akhir bulan Maret setelah pelaksanaan UAS. Disaat bersamaan UAS, siswa kelas X dan XI akan mengikuti ujian tengah semester.

Kepala SMKN 3 Kaur, Edi Rusman Jaya, S. Pd, M. Pd, Rabu (10/2/2021) mengungkapkan, UN tahun ini ditiadakan sesuai dengan edaran dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Namun, siswa jangan langsung bergembira. Pasalnya, mereka harus mengikuti rangkaian kegiatan UAS dan ujian kompetensi jurusan.

“Kelulusan siswa tahun ini tidak ditentukan dari hasil UN, melainkan dari UAS, uji kompetensi jurusan dan nilai raport dari semester I hingga semester V,” ujar Edi Rusman Jaya diruang kerjanya.

Ditambahahkan, Edi Rusman Jaya, ke depan diharapkan pola belajar siswa kembali norma yakni tatap muka langsung. Mengingat, pendidikan karakter siswa sangat penting dilakukan dalam rangka mempersiapkan generasi penerus yang memiliki tanggungjawab.

“Belajar Daring memiliki efek negatif yakni kurangnya pendidikan karakter siswa. Sehingga, sulit menciptakan generasi muda yang lebih bertanggungjawab,” papar Edi Rusman Jaya.(007)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *