Atasi Permasalahan Sampah, Pemda Benteng & Pemkot Bengkulu Siapkan Lahan 20 Hektar Untuk TPA

oleh -1,333 views
oleh

LINTAS NUSANTARA.ID, KOTA BENGKULU – Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu untuk mengatasi permasalahan sampah mendapat dukungan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah (Pemda Benteng). Hal tersebut tertuang dalam Memorandum Of Understanding (MoU) yang dilakukan Pemkot Bengkulu dan Pemda Benteng yang ditanda tangani secara langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Bupati Benteng Ferry Ramli diruang kerja Walikota Bengkulu di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Rabu Siang (31/03/2021).

Dalam kerjasama antara Pemkot Bengkulu dengan Pemda Benteng, untuk mengatasi permasalahan sampah baik yang ada di Kota Bengkulu maupun di Kabupaten Benteng, disepakati kerjasama dalam pengolahan sampah yakni berupa rencana pembuatan Tempat Pebuangan Akhir (TPA) sampah bersama yang akan di bangun di Kabupaten Benteng di atas lahan seluas 20 hektar yang merupakan lahan hibah dari anggota Dprd Kabupaten Benteng.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan gagasan cerdas dan tawaran luar biasa dari Bupati Benteng Ferry Ramli untuk membuat TPA bersama di atas lahan seluas 20 hektar ini tercetus setelah adanya kesamaan dalam mengatasi permasalah sampah yang telah menjadi permasalahan sejak bertahun-tahun lamanya ini.

“Pak Bupati ini melihat, mendengar dan membaca bagaimana Kota Bengkulu saat ini sedang semangat-semangatnya mengatasi persoalan sampah. Bukan hanya Kota Bengkulu saja, seluruh ibu kota di Provinsi se-Indonesia juga memiliki masalah yang sama termasuk Kabupaten Benteng sendiri, sehingga terciptalah kesepakatan bersama ini,” jelas Helmi Hasan.

Helmi Hasan juga mengatakan setelah adanya kerjasama ini, dirinya bersama Bupati Benteng Ferry Ramli akan mengajukan proposal ke Pemerintah Pusat terkait rencana pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah bersama. Apabila TPA di Kabupaten Benteng tersebut sudah dibangun. TPA Air Sebakul akan diubah menjadi taman buah dan dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis. Dan juga nantinya akan ada sekolah agama dari Kementerian Agama.

“Bukan hanya berjuang melalui APBD, kita juga akan memperjuangkan anggaran pusat dan akan sama-sama berangkat ke Jakarta untuk menyakinkan Pemerintah Pusat terkait rencana pembangun TPA bersama ini,” tutur Helmi.

Sementara itu Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli menyatakan saat ini dirinya telah menanggarkan pembangunan jalan menuju lokasi TPA bersama seluas 20 hektar tersebut yang bertempat di Kecamatan Semidang Lagan dengan melakukan karya bakti bersama TNI.

Ferry Ramli sendiri menargetkan TPA bersama ini dapat di gunakan paling tidak akhir tahun ini atau paling lambat pada akhir tahun depan. Dengan adanya TPA bersama ini dijelaskan Ferry Ramli semoga dapat menjadi penyelesaian permasalahan sampah yang ada di Kota Bengkulu dan Kabupaten Benteng yang telah menjadi momok sejak bertahun-tahun lamanya tersebut.

“Hadirnya kita disini ialah untuk mencari solusi permasalahan sampah baik di kota maupun kabupaten dengan melakukan pembangunan TPA bersama. Saat ini sudah saya anggarkan pembangunan jalan menuju lokasi TPA tersebut yang bertempat di Kecamatan Semidang Lagan dengan melakukan karya bakti bersama TNI,” ujar Ferry.(fer)

No More Posts Available.

No more pages to load.