,

Tingkatkan Fungsi dan Kapasitas, BPD Bukit Harapan Pelatihan SDM

oleh -1,402 views
oleh
BPD Bukit Harapan mengikuti pelatihan SDM.(foto: pendi-LN)

BENGKULU UTARA || LINTAS NUSANTARA.ID – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dam Pemerintah Desa (Pemdes) Bukit Harapan Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara, ikut pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan BPD dan Pemdes. Kegiatan dihadir langsung Camat Pinang Raya, Nasri, S. Pd serta menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Peserta pelatihan SDM ini berasal dari anggotq BPD serta perangkat desa. Kegiatan digelar di balai Desa Bukit Harapan dengan sumber anggaran Dana Desa (DD). Kegiatan dilaksanakan pada Selasa (25/5/2021) dan. berjalan lancar.

Desa Bukit Harapan pelatihan SDM BPD.

9 anggota BPD yang diketuai oleh Wahyu Hidayat, S. Pd mengikuti kegiatan dengan baik hingga selesai. Acara pelatihan SDM dibuka oleh Kades Bukit Harapan, Heru Wahyono. Kegiatan bertujuan meningkatkan kemampuan dasar BPD dan Pemdes menjalankan fungsi dan perannya di desa.

“Dengan pelatihan ini, semoga bisa meningkatkan kapasitas sebagai anggota BPD. Dan dapat bersinergi degan Pemdes. BPD diharapkan lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa,” ujar Kades.

Camat dan Kades memberi arahan pelatihan SDM BPD.

Sementara itu, Camat Pinamg Raya, Nasri, S. Pd menyampaikan, BPD sangat penting di deas. Untuk itu, perlu adanya peningkatan kapasitas dan kemampuan dasar dalam menjalankan fungsinya. Pemerintah kecamatan banyak berharap, BPD dan Pemdes dapat bersinegi dalam menjalankan program pembangunan fisik maupun non fisik.

“Melalui pelatihan SDM ino, ada kemajuan BPD dan Pemdes dalam menjalankan fungsi masing-masing di desa,” pesan camat.

Dilain sisi, narasumber dari Dinas PMD Bengkulu Utara, Yos Sudarso menyampaikan materinya terkait fungsi, tugas dan kaitan BPD. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman yang besar bagi BPD agar menjadi lembaga yang diamanatkan pemerintah. BPD juga diatur undang-undang, ada rambu dan aturan yang wajib dijalankan dengan benar.

BPD dan Perangkat desa mendengarkan arahan.

“Pelatihan ini tentu sangat baik dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan BPD dan Pemdes dikemudian hari menjalankan program. Sinergisitas keduanya sangat menentukan keberhasilan pembangunan desa,” papar Yos Sudarso.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pelatihan dalam rangka meningkatkan SDM desa yang lebih baik. Sehingga, dapat menjadikan desa kuat, sejahtera dan mampu berkemandirian.(pen/adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.