Wisata Air Terjun Yang Terpendam, “Ayik Putih” Desa Padang Leban

oleh -1,769 views
oleh
Air Terjun di Desa Padang Leban nan elok ini menjadi potensi wisata terpendam.(foto: Yusman)

KAUR || LINTAS NUSANTARA.ID – Potensi wisata air terjun di Desa Padang Leban Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupate Kaur cukup menjanjikan. “Ayik Putih” nama lokasi air terjun ini memiliki keindahan alam sekitar, air yang sejuk serta akses yang mudah dapat dioptimalkan sebagai salah satu sarana wisata alam yang menjanjikan.

Bukan hanya berpotensi sebagai objek wisata, namun juga dapat menjadi sarana peningkatan ekonomi kreatif warga desa setempat. Posisi air terjun sangat dekat dengan jalan raya milik provinsi yang menghubungkan ke Kecamatan Padang Guci Hilir.

Meskipun dikondisi cuaca kemarau, air terjun ini tidak pernah kering atau menyusut. Ditengah bebatuan air terjun terdapat lubang mirip tempat duduk petapaan. Ini menambah daya tarik bagi pengunjung yang ingin menikmati sejuknya hawa air terjun sembari duduk di pertapaan.

Sayangnya, lokasi air terjun ini belum tertata sama sekali. Masih asli alias perawan. Belum ada pembangunan sarana penunjang. Lokasi air terjun dikelilingi kebun sawit yang menghijau. Disamping itu, pengunjung hanya butuh jalan kaki menuruni tebing untuk mencapai muara air terjun. Dengan berjalan kaki 5 menit dari jalan raya, pengunjung sudah dapat mandi di muara air terjun.

Kades Padang Leban, Jaya Wardhana mengatakan, air terjun ini dalam tahap pengusulan dan perencanaan pembangunannya ditahun 2022. Selama ini, belum tergarap dengan baik meskipun memiliki potensi yang luar biasa.

“Perencanaan kita, lokasi air terjun ini akan menjadi prioritas pengembangan wisata. Lokasinya hanya berjarak 1 KM dari kawasan pemukiman warga. Kemudian, jalan menuju lokasi aspal hotmix,” ujar Kades.(amr)

No More Posts Available.

No more pages to load.