Kades Eks Kaur Utara Hadir Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

oleh
oleh

KAUR||LINTAS NUSANTARA.ID – Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Padang Guci Hulu, Pemerintah Desa dalam lima kecamatan di eks Kaur Utara yakni Kecamatan Padang Guci Hulu, Kaur Utara, Lungkang Kule dan Kelam Tengah hadiri sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Bengkulu, Selasa (27/6/2023).

Saat pembukaan acara sosialisasi tampak Camat Padang Guci Hulu Diharsan,S.Pd,M.TPd, Camat Kaur Utara Gunsi Sunarso,S.IP, Camat Lungkang Kule Solman,S.Sos, Sekcam Kelam Tenga duduk bebaris sejejer dengan Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu Aidil Fitrisyah,SP.MM.

Dalam penjelasanya Kabid Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Bengkulu Aidil Fitriasyah,SP,MM menjelaskan Sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Peserta akan mendapat banyak manfaat jika mengikuti program ini, terutama Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).  Selama proses bekerja peserta akan dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan jika mengalami kecelakaan atau meninggal,” jelas Aidil Fitrisyah dalam penyampaiannya.

Lanjut Aidil, Keanggotaan BPJS ketenagakerjaan berlaku selama yang bersangkutan masih dalam ikatan kontrak kerja pada instansi yang mengikutsertakan dan akan secara otomatis diputus jika yang bersangkutan berhenti atau mengundurkan diri.

“BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana dimaksud selain menyelenggarakan program JKK dan JKM juga ada program, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun,” ungkapnya.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (APDESI) Padang Guci Hilir Diusman meminta penjelasan jika ada warga yang memiliki BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan namun terjadi kecelakaan kerja, kartu BPJS mana yang digunakan.

“Ia, sebagai Kades tentu kami harus mengetahui, jika ada warga yang bertanya bisa dijelaskan, takutnya ada kendala dengan saat pelaporan jika terjadi kecelakaan kerja untuk berobat,” terang Diusman.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Asyarman,S.Sos melalui Sekretaris Dinas PMD Yasman,M,Si menjelaskan Senin (26/6/2023) pembukaan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Gedung Serba Guna Kabupaten Kaur dibuka langsung oleh Bupati Kaur di wakilkan oleh Assisten I Pemda Kaur Drs.Sinarudin.(yel)

 

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.